Gubernur Kalteng Ajak Semua lindungi Hutan

Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan selamat datang sekaligus rasa bangga dan menyambut baik ditunjuknya Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling Palangka Raya sebagai lokasi penyelenggaraan Puncak Hari Konservasi Alam

kaltengpedia.com – Gubernur melalui Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan selamat datang sekaligus rasa bangga dan menyambut baik ditunjuknya Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling Palangka Raya sebagai lokasi penyelenggaraan Puncak Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2023. “Terima kasih atas kepercayaan Ibu Menteri LHK,” ucap Wagub.

Melalui HKAN, Gubernur mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam melindungi hutan dan ekosistemnya, dan mendukung aksi mitigasi perubahan iklim FOLU NET SINK 2030.

Gubernur melalui Wagub juga menyampaikan apresiasi kepada Menteri LHK dan jajaran dalam upaya penataan batas 100 persen di tahun 2023, termasuk batas kawasan konservasi di Kalimantan Tengah.

Demikian juga, penyelesaian tanah-tanah masyarakat dalam kawasan hutan dalam rangka TORA (Tanah Objek Reforma Agraria). Selain itu, ada pula Taman Hutan Raya (TAHURA) yang dikelola empat Pemerintah Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Kota Palangka Raya.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan Anugerah Konservasi Alam salah satunya kepada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran atas perhatiannya meningkatkan fungsi hutan, selain itu juga diserahkan Surat Keputusan Taman Hutan Raya Isen Mulang Sebangau Berkah.

Di samping itu dilakukan secara simbolis pelepasliaran satwa liar secara nasional, penandatangana perangko Hari Cinta Puspa dan Satwa serta launching buku 55 Taman Alam Nasional.

HKAN Tahun 2023 berlangsung dari 6-8 November 2023, diikuti 5.062 peserta yang berpartisipasi dalam Jambore Konservasi Alam, pameran Konservasi dan Produk Unggulan, peserta sarasehan.

Pos terkait